Thursday, October 1

Tokoh Dalam Buku Tematik yang Sering Terabaikan

Tahukah Anda bahwa salah satu ciri Buku Kurikulum SD 2013 adalah munculnya 6 tokoh anak yang mewakili keragaman suku dan agama. Berbeda dengan buku teks kurikulum sebelumnya yang sering hanya menggunakan 2 nama, yaitu Ani dan Budi. Keenam tokoh tersebut adalah Udin, Edo, Lani, Beni, Siti dan Dayu. Keenam sosok ini akan muncul bergantian di setiap pelajaran dari kelas 1 hingga kelas 6. Mereka adalah identitas anak Indonesia.

1. Siti

Siti adalah seorang gadis berjilbab yang mewakili gadis muslim di Jawa. Mungkin kita sering mendengar nama Laman dari Jawa, seperti Laman Fatimah, Laman Aminah, Laman Markonah, dll. Dengan hijabnya sendiri, beberapa kali sosok ini menjadi pedoman teman-temannya dalam melakukan diskusi, mengerjakan tugas kelompok, dan berolahraga. Karakter Siti selalu muncul di Reflection of Every Lesson.

2. Udin

Jika nomor situs tersebut merepresentasikan anak muslim di Jawa, maka Udin merupakan sosok anak muslim di luar Jawa, seperti Sumatera, Bali, Sulawesi dan NTB. Mungkin nama udin berasal dari nama Zainudin, Hasnuddin dan udin-udin lainnya. Masih ingat dengan karakter populer dari Udin World lewat Youtube? Apakah ada yang ingat dari mana asalnya? Karakter Udin digambarkan sebagai anak berkacamata dengan rambut sedang. Angka ini selalu muncul di bagian Bekerja dengan Orang Tua.

3. Lani

Tokoh Lani adalah gambaran seorang anak Buddha / Konghuchu Tioghoa. Karakter ini secara fisik digambarkan dengan seorang gadis dengan rambut sebahu dengan ikat kepala di atasnya. Mata Lani juga sedikit melebar. Karakter Lani selalu muncul di bagian Ayo Menulis di setiap pelajaran.

4. Dayu

Dari namanya, sosok ini sudah bisa dilihat mewakili etnis Bali yang beragama Hindu. Betul, Dayu adalah putri dari suku dan agama itu. Ida Ayu (Dayu) adalah nama yang banyak digunakan di Bali. Dayu digambarkan dengan gadis berambut panjang dengan ikat kepala yang indah. Di beberapa bagian, sosok ini kerap digambarkan sedang melakukan ritual adat Bali dengan disaksikan oleh tokoh lain.

5. Beni

Kalau ada Lani, pasti ada Beni. Karakter anak etnis Tionghoa merupakan representasi dari anak Tionghoa yang beragama Kristen (Protestan / Katolik). Dengan rambut Andy Lau, karakter Beni sering muncul dalam pelajaran konten PJOK.

6. Edo

Siapa yang tak kenal dengan nama Edo Condologite? Ya, dia adalah penyanyi yang sangat legendaris dari Papua. Dalam buku tematik tersebut juga terdapat tokoh Edo yang mewakili anak-anak Indonesia bagian timur yaitu Maluku, Papua dan NTT. Karakter Edo digambarkan sebagai anak laki-laki berkulit hitam dengan rambut keriting. Keenam sosok tersebut muncul bergantian dengan setiap pelajaran. Pada awal pembelajaran, keenam tokoh tersebut sering dilibatkan dalam dialog tentang tema tertentu sesuai dengan temanya. Namun sayang, entah kenapa, keenam karakter tersebut tidak diserap dengan baik oleh anak-anak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *