Tuesday, October 20

Tips Memilih Baju Batik Baik Dari Segi Model

Jika Anda ingin menambah koleksi baju batik, akan tapi masih bingung harus memilih baju seperti apa? Apalagi bagi Anda yang ingin membeli baju batik dalam waktu dekat, penting untuk memperhatikan dengan cermat kesesuaian pola, ukuran, bahan, warna, corak dan kualitas jahitan dengan kebutuhan Anda.

Bagi sebagian orang dengan tubuh ideal, mungkin tak akan terlalu kesulitan mencari baju batik. Namun, ini akan sedikit tidak nyaman bagi orang yang cenderung agak gemuk atau terlalu kurus. Untuk mengantisipasi hal tersebut, mari simak tips memilih motif kemeja batik agar tampil lebih gaya.

Fungsi baju batik

Rumus utama yang bisa dijadikan acuan dalam memilih baju batik adalah dengan menentukan terlebih dahulu baju batik apa yang akan dipakai, baik untuk acara formal, acara semi formal maupun acara santai. Unsur penting yang harus diperhatikan saat memilih gaun batik adalah pola dan warna dasar.

Untuk busana batik casual biasanya memiliki motif flora fauna atau motif lain yang dominan warna dasar terang. Bahkan ada yang memadukan corak batik satu sama lain. Untuk busana batik formal dan semi casual kebanyakan memiliki corak yang cenderung simpel dan minimalis serta memiliki corak batik dengan warna yang lebih senyap dan lebih elegan.

Model Baju Batik

Pilih gaun batik yang sesuai dengan tubuh dan penampilan Anda, selama Anda pandai memadukannya, gaun batik yang Anda pilih akan terlihat lebih modern. Bayangkan juga tampilan yang akan Anda tunjukkan saat mengenakan kemeja batik. Sebagai pelengkap gaya busana Anda sehari-hari, Anda bisa memilih dress batik yang cenderung simpel dan detailnya tidak terlalu padat.

Bagi wanita, mereka bisa mengenakan blus batik kasual, gaun atau pakaian serupa lainnya. Pria bisa memakai kemeja batik kasual atau kemeja slim. Untuk melengkapi gaya penampilan saat bekerja, sebaiknya pilih gaun batik yang memiliki gaya dan corak yang simpel namun tetap elegan. Untuk wanita, Anda bisa mengenakan blus atau gaun formal yang didesain khusus sebagai pakaian kerja. Pria dapat mengenakan kemeja batik biasa yang menekankan efek formal.

Sebagai pelengkap gaya penampilan di pesta seperti undangan, Anda bisa mengenakan dress batik yang terlihat lebih mewah. Untuk wanita, Anda bisa mengenakan gaun dengan desain panjang atau gaun kombinasi. Pria bisa mengenakan kemeja batik formal atau kemeja batik slim.

Apalagi buat kamu yang ingin tampil anggun dengan baju batik, perlu tahu gaya yang tepat saat mengenakan batik. Karena kebanyakan kemeja batik dibuat agar tidak menyelip ke dalam celana (tidak terselip), perawatan harus dilakukan agar ujungnya tidak terlalu panjang atau terlalu pendek.

Ukuran baju batik

Memaksakan diri untuk membeli baju yang tidak sesuai dengan Anda akan berdampak negatif terutama pada kenyamanan. Oleh karena itu, demi kenyamanan pastikan kemeja batik yang Anda pilih sesuai dengan ukuran dan bentuk tubuh Anda.

Memilih baju batik yang terlalu kecil atau ketat hanya akan membuat tubuh terasa kencang dan sulit bergerak. Sebaliknya, jika kemeja batik yang Anda pilih terlalu besar, tubuh Anda akan tenggelam dengan pakaian yang Anda kenakan.

Bahan kemeja batik

Banyaknya pilihan kain batik yang bisa digunakan untuk membuat pakaian terkadang membuat bingung banyak orang. Namun jika ingin mendapatkan kaos batik yang berkualitas cobalah untuk melihat bahan yang digunakan untuk membuat batik dan cara membuatnya karena kedua hal tersebut sangat menentukan harga kain batik. Jika selama ini Anda mengira semua kain batik berasal dari kain mori atau kain katun, maka perlu Anda ketahui bahwa jenis kain yang biasa digunakan untuk membuat batik Indonesia banyak dan beragam.

Warna batik

Saat memilih baju batik, pertimbangkan kesesuaian warna batik dengan warna kulit Anda. Karena jika baju batik yang Anda pilih tidak sesuai dengan kulit, penampilan Anda akan terlihat aneh dan kurang menarik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *