Thursday, October 1

Tempat Wisata di Jakarta yang Akan di Buka Kembali

Fase new normal telah tiba, aktivitas CFD atau car free day juga kembali berlangsung. Selain itu, fase new normal harus dapat memutar roda ekonomi kembali. Ini juga menjadi acuan bagi pengelola resort yang harus bisa membuka kembali tempatnya untuk menarik pengunjung. Nah buat kamu khususnya warga Jakarta yang sedang menantikan liburan, coba tips tempat wisata yang bisa kamu kunjungi dalam kondisi new normal. Namun jika Anda dari Surabaya bisa menggunakan tiket pesawat Surabaya Jakarta.

1. Taman Impian Jaya Ancol

Salah satu tempat wisata terpopuler di Jakarta sedang dibuka kembali. Taman Impian Jaya Ancol siap menyambut Anda kembali sebagai pengunjung, namun dengan catatan yang beragam. Salah satunya adalah bersedia menerapkan protokol kesehatan. Protokol kesehatan yang diberikan seperti memakai masker saat berada di daerah tujuan wisata, menggunakan sistem pembayaran nontunai, membatasi jumlah pengunjung, menjaga jarak bahkan menggunakan hand sanitizer untuk selalu menjaga kebersihan tangan.

Dibuka kembali sejak 20 Juni 2020, Anda bisa mengunjungi beberapa tempat rekreasi di Taman Impian Ancol, seperti Pantai Ancol, Dunia Fantasi, Allianz Ecopark, Ocean Dream Ocean, dan Sea World Ancol. Menurut situs resmi Ancol, tiket Ancol terbagi dalam tiga kategori. Harga tiket masuk Ancol ini berlaku untuk hari biasa (weekdays) dan hari libur (weekend).

2. Kota Tua Jakarta

Museum di Kota Tua, Jakarta Barat, mulai dibuka pada pekan kedua setelah beralih ke restriksi sosial skala besar (PSBB). Museum yang ada di dalamnya, seperti Museum Sejarah Jakarta, Museum Seni Rupa dan Keramik, serta Museum Wayang, bisa dikunjungi, namun hanya dengan membatasi kemampuan pengunjung, memakai topeng, mengatur suhu tubuh dan menjaga jarak.

Tidak ada pajak untuk memasuki Kota Tua. Namun, jika ingin masuk ke destinasi di Kota Tua, seperti museum, akan dikenakan komisi. Museum yang berpartisipasi menawarkan biaya masuk yang sama. Biaya masuk Rp 5.000 untuk dewasa, Rp 3.000 untuk pelajar dan Rp 2.000 untuk anak-anak. Museum buka dari Selasa hingga Minggu dan tutup setiap hari Senin.

3. Monumen Nasional

Tidak jauh berbeda dengan Taman Impian Ancol: Monumen Nasional atau Monas telah dibuka kembali sejak 21 Juni 2020. Namun, untuk mengunjungi destinasi wisata di dalam kota, perhatian harus diberikan pada penerapan protokol kesehatan. Protokol kesehatan yang dimaksud tidak jauh berbeda dengan Taman Impian Jaya Ancol. Yang jelas kalian bisa melakukan ini, jangan menggumpal, jaga jarak satu sama lain dan tentunya pastikan selalu tahu bahwa tangan kalian selalu bersih.

Tiket masuk menggunakan Jakcard, harga yang tertera belum termasuk harga Jakcard Rp 15.000 / kartu. Masuk ke kawasan Monas sebenarnya tidak dipungut biaya. Pengunjung akan dikenakan biaya masuk jika ingin memasuki gedung Monas Monas. Untuk tiket masuk Tugu Monas, pengunjung sekarang harus membeli e-card. E-tiket Monas dijual dengan harga bervariasi mulai dari Rp30.000 dengan saldo Rp20.000. Kartu elektronik tidak hanya dapat digunakan sebagai tiket masuk ke Monas, tetapi juga untuk fasilitas umum lainnya seperti tiket bus Trans Jakarta. Pengunjung akan dikenakan tiket masuk piala atau puncak Monas.

4. TMII

Taman Mini Indonesia Indah (TMII) akan dibuka kembali dengan membatasi jumlah wisatawan hingga sepertiga dari kapasitas saat baru. Selama pelaksanaan new normal, TMII akan menutup sementara perjalanan tertutup, seperti bioskop Keong Mas dan wisata air. Sedangkan outdoor trip seperti cable car, Anjung Nusantara dan Taman Burung akan dibuka.

Jam buka TMII juga telah diubah dari pukul 08.00 menjadi 20.00 WIB untuk masuk. Untuk perjalanan di TMII, 08.00-16.00 WIB. Harga tiket TMII adalah 15.000 rupee per orang untuk tiket masuk. Selain itu pengunjung juga diharuskan membayar biaya parkir. Misalnya, harga sepeda Rp 1.000, sepeda motor Rp 10.000, mobil Rp 15.000, dan bus / truk Rp 35.000.

5. Kebun Binatang Ragunan

Nah, buat anda dan anak anda yang ingin melihat satwa Indonesia dan satwa lainnya, Kebun Binatang Ragunan kembali buka namun hanya buka dari hari selasa sampai minggu dan hanya dari jam 8 pagi sampai jam 1 siang. Sebab, untuk mendekatinya, jumlah pengunjung dibatasi hingga 1.000 orang. Oleh karena itu, untuk berkunjung ke Kebun Binatang Ragunan, Anda harus mendaftar terlebih dahulu di situs resminya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *