Saturday, November 28

Pentingnya Mengetahui Apa Itu Credit Scoring

Credit score adalah suatu sistem atau metode yang digunakan oleh lembaga keuangan / bank untuk menentukan layak atau tidaknya mereka menerima pinjaman dari lembaga tersebut. Menurut skor kredit peringkat kredit ini juga merupakan data nasabah yang dikumpulkan dengan mengisi apa yang telah mereka lakukan sebelumnya untuk pengajuan pinjaman. Oleh karena itu, dapat dikatakan bahwa riwayat transaksi, seperti pembayaran tagihan yang benar atau salah atau jumlah kredit yang Anda miliki, juga dapat menjadi pertimbangan untuk menentukan skor kredit Anda.

Pentingnya mengetahui skor kredit Anda

Penilaian kredit sangat berguna bagi bank atau lembaga keuangan lain dalam menganalisis aplikasi kredit serta faktor kualitatif lainnya. Saat ini di Indonesia, data laporan kredit debitur hanya dapat dilihat langsung dari Bank Indonesia. Banyak juga aspek yang dapat diperhatikan dalam penilaian kredit ini, seperti usia, status perkawinan, jumlah tanggungan, pekerjaan suami / istri, status kependudukan, status pendidikan, jabatan / pekerjaan (jenis pekerjaan), tempat kerja (usaha) lapangan), jangka waktu pengerjaan (dengan posisi saat ini), total masa kerja (masa kerja) dan lain-lain.

Selain bank seperti lembaga jasa keuangan yang biasa menerapkan sistem credit rating, perusahaan teknologi pinjaman (fintech) peint-to-peer (P2P) juga menerapkan hal yang sama. Industri P2P lending tumbuh pesat selama 2 tahun terakhir karena adanya gap funding di Indonesia Banyak perusahaan yang tidak dapat memperoleh pinjaman dari bank karena tidak efisien, salah satunya adalah perlunya jaminan berupa aktiva tetap dan hipotek.

Salah satu platform pinjaman peer-to-peer terpercaya di Indonesia, Akseleran juga menggunakan skor kredit dalam memilih calon peminjam. Tentunya setiap lembaga jasa keuangan, termasuk Akselerasi, memiliki model skor kreditnya masing-masing. Percepatan mengusulkan tiga hal: (1) arus kas atau arus kas dari calon debitur, (2) agunan yang diberikan (dapat berupa tagihan dari PO / SPK / kontrak / faktur, berupa persediaan, peralatan, tanah dan bangunan) ) dan (3) Credit Conduct, bekerja sama dengan kantor kredit PEFINDO. Hasil credit scoring yang dipercepat akan mempengaruhi besarnya bunga yang dibebankan kepada calon debitur.

Sekadar informasi, peringkat pinjaman A ++ to C ini mencerminkan risiko perluasan dana ini. Pinjaman dengan peringkat A ++ adalah pinjaman dengan risiko teraman, sedangkan pinjaman berperingkat C memiliki risiko tertinggi.

Tingkat pinjaman ini juga terkait dengan suku bunga, semakin besar risiko yang ditimbulkan maka semakin besar pula bunga yang diterima pemberi pinjaman. Selain itu, adanya agunan atau agunan tanpa agunan juga berpengaruh pada skor kredit Anda, karena jika menggunakan agunan terpercaya maka risikonya bisa lebih kecil dibandingkan dengan tanpa agunan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *