Thursday, June 4

Mengenal Cara Penularan HIV Agar Bisa Terhindar dari Penyakit Berbahaya Ini!

Selain penyakit kanker dan juga jantung, nyatanya penyakit HIV juga menjadi momok yang sangat menakutkan, apalagi bagi kalangan yang memiliki pergaulan yang tidak sehat, sebut saja diantaranya adalah sering berhubungan seksual dengan berganti-ganti pasangan, sampai dengan pemakaian obat-obatan terlarang, hal tersebut bisa menjadi cara penularan HIV. Bahkan terkadang penderita dari penyakit ini sendiri tidak menyadari bahwa sebenarnya mereka telah terserang penyakit yang melumpuhkan kekebalan tubuh tersebut.

HIV sendiri merupakan singkatan dari Human Imunodeficiency Virus, yaitu sebuah infeksi virus yang menyerang sistem kekebalan tubuh dan melumpuhkan sistem imuns tersebut, itulah mengapa penderita HIV nantinya akan jadi jauh lebih mudah untuk terserang beragam jenis penyakit yang lainnya, bahkan sangat mungkin untuk terjadi komplikasi berbagai macam masalah kesehatan yang menyebabkan kematian. Ada banyak sekali hal-hal yang bisa menyebabkan penularan dari penyakit tersebut yang harus Anda ketahui, sehingga nantinya akan lebih mudah untuk melakukan pencegahan, diantaranya adalah:

  1. Hubungan seksual, penularan yang paling sering terjadi dari penderita penyakit HIV ini adalah ketika melakukan hubungan seksual, baik itu hubungan seksual melalui vagina, anal maupun oral seks dengan seorang penderita HIV ini melalui cairan yang mereka keluarkan, sehingga virus tersebut akan menular kepada partner seks mereka. Untuk itu salah satu upaya yang dapat dilakukan guna mencegahnya adalah dengan menggunakan pengaman yaitu kondom ketika tengah berhubungan seksual. Juga dengan menghindari aktivitas seksual layaknya bergonta-ganti pasangan.
  2. Pemakaian jarum suntik, selain itu penyakit HIV ini juga dapat ditularkan melalui pemakaian jarum suntik, jarum suntik yang digunakan ketika menggunakan obat-obatan terlarang dan memang sudah terkontaminasi oleh darah mereka yang terkena penyakit HIV ini. jadi membuat orang tersebut juga beresiko tinggi untuk tertular masalah kesehatan yang sama. Jadi ada baiknya untuk tidak memakai obat-obatan terlarang, jikapun melakukan pengobatan maka lakukan di rumah sakit yang terpercaya oleh tenaga medis yang jarum suntiknya sudah dipastikan steril.
  3. Selama masa kehamilan, persalinan sampai dengan menyusui, anak yang lahir dari ibu yang menderita penyakit HIV ini maka kemungkinan besar nantinya juga akan mengalami kondisi yang serupa, mulai dari pada saat kehamilan, kemudian juga persalinan bahkan juga menyusui. Itulah mengapa bagi wanita yang tengah menderita penyakit HIV ini dan mengandung harus aktif dalam melakukan konsultasi dengan dokter dan juga aktif melakukan pengobatan. Agar bisa menurunkan rasio atau resiko buah hati yang dikandung mengalami hal serupa.
  4. Transfusi darah, dalam beberapa kasus, nyatanya penyakit HIV ini juga menular karena transfusi darah, mengingat terkadang banyak diantara pendonor darah yang tidak sadar bahwa mereka tengah terinfeksi virus berbahaya tersebut dan mendonorkan darah mereka, sehingga penerima donor tersebut juga ikut tertular penyakit ini. Hanya saja semakin kesini jika dilihat kondisi tersebut sudah kian jarang dijumpai, mengingat sudah diterapkan uji kelayakan donor, baik itu darah maupun juga donor organ tubuh yang lainnya, guna menekan angka orang yang menderita HIV.

Itulah beberapa cara penularan HIV yang memang patut untuk diwaspadai. Sehingga Anda jangan langsung berprasangka buruk pada penderita Odha kemudian menghindari mereka, karena penyakit ini tidak menular hanya dengan sentuhan semata. Alangkah baiknya bagi kita yang masih sehat untuk mencegah agar tidak sampai tertular penyakit berbahaya tersebut, karena sampai sekarang belum ada obatnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *