Tuesday, August 11

Memahami Perbedaan Workshop, Training, dan Seminar

Dalam kehidupan sehari-hari, terkadang kita menganggap workshop, training, dan seminar merupakan kegiatan yang sama. Anggapan tersebut lantas membuat kita menyamaratakan kegiatan dan tujuan dari berlangsungnya acara. 

Namun ternyata, ketiga acara yang pernah Anda ikuti itu mempunyai definisi dan tujuan yang berbeda. Supaya Anda tidak keliru dalam mengartikan kegiatan tersebut, yuk, simak penjelasan selengkapnya di bawah ini.

Workshop 

Pernah ikut workshop? Kegiatan yang dalam bahasa Indonesia diterjemahkan sebagai lokakarya adalah agenda yang dapat diikuti oleh peserta yang biasanya sudah melalui tahap seleksi lanjutan atau peserta yang sudah mendalami tema pembahasan. 

Pembahasan dalam sebuah workshop ialah pembahasan yang sifatnya ilmiah dan kritis. Peserta diajak untuk memecahkan masalah dan kemudian akan dibentuk dalam kelompok kecil untuk melakukan praktik.

Workshop berlangsung selama 2 sampai 3 hari. Dalam satu harinya peserta akan melaksanakan kegiatan selama 2 sampai 3 jam. 

Training

Aktivitas dalam training memang terkesan mirip dengan workshop. Peserta yang ikut dalam training akan menjalani sejumlah kegiatan, mulai dari pemaparan materi sampai praktik langsung sehingga membuat kegiatan ini tak jauh berbeda dengan workshop. 

Padahal, training berbeda dengan workshop. Jika dilihat dari target peserta dan output-nya, training hanya dapat diikuti oleh orang yang benar-benar ingin menjadi praktisi atau dapat langsung mempraktikkan hasil training secara langsung di bidangnya.

Selain itu, training dirancang untuk mengembangkan sumber daya manusia melalui kegiatan identifikasi, pengkajian, dan juga proses belajar yang terencana sehingga dapat dimanfaatkan sebagai saran memperbaiki diri atau masalah kinerja organisasi.

Biasanya, training dilakukan lebih dari satu hari untuk memaksimalkan ilmu yang didapat. Lalu, akan berlangsung selama 3—6 jam.

Seminar

Jika dalam workshop peserta harus memecahkan masalah yang didapat melalui diskusi atau praktik, tetapi seminar lebih mengarah pada pembahasan dasar. Peserta akan diperkenalkan lewat suatu isu dengan kemudian dibahas bersama-sama lewat sesi tanya jawab.

Acara seminar biasanya tergolong lebih singkat, sekitar 2 sampai 3 jam saja tergantung kesepakatan masing-masing penyelenggara. 

Mengingat kegiatan di atas sangat penting untuk dilakukan guna meng-upgrade diri, Anda perlu mencari lokasi workshop, training, maupun seminar yang sesuai. 

Anda bisa mengadakan acara tersebut di hotel bisnis yang menyediakan layanan meeting room Bandung terbaik. Misalnya, di Yello Hotel. Dengan begitu, kegiatan pun akan berjalan lancar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *