Thursday, October 1

Kredit Sering Ditolak? Mungkin ini Penyebabnya

Biaya kebutuhan sehari-hari dan biaya hidup lainnya merupakan dua hal yang perlu dikelola dengan baik. Jika Anda tidak mampu mengelola keuangan dengan baik, Anda akan sering mengalami masalah karena uang itu penting. Saat uang yang Anda miliki hampir habis, atau saat Anda membutuhkan uang untuk keperluan mendadak, mengajukan pinjaman bisa menjadi solusi yang mudah dan cepat untuk membantu keuangan Anda. Fakta terkini menunjukkan bahwa masih banyak masyarakat Indonesia yang membutuhkan bahkan menggunakan jasa pinjaman untuk memenuhi kebutuhannya secara rutin. Namun, pernahkah Anda mengalami penolakan saat mengajukan pinjaman?

Penurunan ini mungkin disebabkan oleh riwayat Anda dan skor kredit yang rendah atau buruk. Bagi Anda yang sering ingin atau membutuhkan pinjaman, perlu mengetahui istilah credit score. Pada dasarnya, nilai kredit adalah nilai yang diberikan pemberi pinjaman kepada peminjam, yang merupakan salah satu faktor penting dalam melakukan pinjaman. Skor kredit ini secara tidak langsung menggambarkan kemampuan dan kelayakan peminjam untuk melunasi hutang kredit. Selain itu, skor kredit juga digunakan kreditor untuk mengetahui potensi calon debitur, serta untuk menentukan besaran nominal atau batas kredit yang akan ditampilkan.

Banyak juga orang yang tidak menyadari bahwa mereka memiliki nilai kredit. Padahal, siapa pun yang memiliki rekening bank, kartu kredit, atau pernah mengajukan Pinjaman Non Kredit (KTA), otomatis memiliki skor kredit aktif dan berkelanjutan. Nilai kredit Anda penting dan terkadang bisa menjadi penghalang bagi seseorang untuk mengambil pinjaman. Dengan nilai kredit yang bagus, Anda akan lebih mudah mendapatkan pinjaman. Sebaliknya, jika saat ini Anda memiliki skor kredit negatif, segera lakukan beberapa langkah untuk memperbaikinya. Bank tentu tidak akan memberi dan sembarangan menentukan besaran nominal pinjaman. Jadi mari kita lihat beberapa cara untuk meningkatkan skor kredit Anda yang ada.

1. Periksa dan perbaiki kesalahan data

Langkah pertama untuk meningkatkan nilai kredit Anda adalah dengan memeriksa dan memperhatikan informasi dalam laporan kredit Anda. Cek semua data yang tersedia, dimulai dengan penulisan data pribadi, alamat, nomor rekening dan data penting lainnya. Jika menemukan kesalahan, jangan ditunda dan segera laporkan agar bisa diperbaiki oleh pemberi pinjaman. Anda bisa melakukan pemeriksaan ini secara rutin untuk menghindari masalah berkepanjangan dan mengurangi pembatalan pinjaman.

2. Hindari pembuatan kartu kredit baru

Langkah kedua yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan skor kredit Anda adalah menghindari pembuatan kartu kredit baru. Jumlah kartu kredit yang masih tergolong “tidak rusak” adalah maksimal 4 kartu kredit. Jangan sampai ketinggalan promosi, keuntungan dan penawaran menggoda yang dilakukan oleh bank untuk menarik perhatian Anda. Menggunakan kartu kredit lebih baik jika memiliki batasan penggunaan.

3. Buat pengingat pembayaran faktur

Hal penting lainnya yang perlu diingat untuk meningkatkan nilai kredit Anda adalah membayar tagihan tepat waktu. Jangan biarkan diri Anda terlambat dengan membayar tagihan atau dengan pembayaran yang terlambat. Jika itu terjadi, nilai kredit Anda akan turun. Jika Anda termasuk orang yang santai, Anda dapat menyelesaikan masalah ini dengan beberapa cara.

4. Perbaiki keuangan Anda

Untuk meningkatkan nilai kredit Anda, yang terbaik adalah meningkatkan keuangan Anda terlebih dahulu. Menyiapkan keuangan yang dimaksud JULO disini artinya melunasi hutang yang ada agar keuangan anda terlihat bagus. Jangan berkecil hati karena nilai kredit Anda negatif, tetapi ini karena Anda sendiri belum melunasi hutang lain yang Anda miliki.

5. Buatlah perhitungan yang matang

Langkah terakhir yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan nilai kredit Anda adalah membuat perhitungan yang akurat. Jadi, sebelum mengajukan pinjaman, ada baiknya Anda melakukan perhitungan terlebih dahulu untuk menjaga keuangan Anda tetap aman dan sehat meskipun Anda memiliki pinjaman. Tidak mengerti, Anda harus membayar cicilan bulanan melebihi 30% dari total penghasilan Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *