Thursday, October 1

Kenali Alasan Mengapa Sebuah Situs Bisa Terblokir, Baik di Android Maupun PC

Internet, satu kata yang sudah menjadi bagian dari kehidupan sejumlah orang di dunia. Bagaimana tidak, semua aktivitas atau kegiatan manusia saat ini tidak terlepas dari sebuah teknologi intenet, seperti dalam mencari sebuah informasi, bekerja, berkomunikasi, maupun berbelanja. Sehingga tidak heran mengapa kebutuhan akan internet semakin hari juga semakin meningkat.

Dikutip dari situs tipandroid, internet yang mana menjadi sumber informasi memiliki dua sisi buruk dan juga baik. Meski ia merupakan gudang dari semua informasi dan mengaksesnya juga sangat mudah, membuat internet menjadi sangat rentan untuk dijadikan peluang bagi para oknum yang tidak bertanggung jawab. Misalnya saja, internet disalahgunakan dalam menyebarkan berita bohong atau hoax yang bisa merugikan banyak orang.

Dari alasan tersebut, akhirnya membuat pemerintah Indonesia bersama Kementerian Komunikasi dan Informatika Indonesia (Kominfo) untuk membatasi jumlah pengaksesan situs di internet. Situs yang sekiranya dapat merugikan orang lain akan diblokir. Biasanya hal ini dikarenakan situs-situs tersebut memuat konten yang tidak layak untuk dilihat atau dibagikan pada khalayak umum, misalnya saja seperti plagiasi, melanggar hak cipta, serta memuat konten yang tidak pantas seperti judi, pornografi, penipuan, cyberbullying, atau yang lainnya. Selain itu, di dalam situs-situs web yang terblokir biasanya memuat virus yang dapat membahayakan browser atau perangkat kalian, baik PC maupun smartphone. Jadi, sebuah situs yang diblokir sebenarnya juga bertujuan untuk memberikan keamanan dan kenyamanan bagi para pengguna internet. Pembatasan penggunaan akses internet ini juga sudah diatur dalam Undang-Undang No. 11 Tahun 2008 dan No. 25 Tahun 2009 yang mengatur tentang informasi serta transaksi elektronik. Jadi, ketika kalian memasuki halaman website yang telah diblokir pemerintah, akan segera dialihkan ke halaman internet sehat.

Tetapi jangan khawatir guys, saat ini banyak bantuan aplikasi yang bisa digunakan untuk membuka situs yang terblokir dari PC maupun smartphone kalian. Menurut tipandroid, ada beberapa cara yang bisa digunakan, seperti menggunakan VPN, install Extension VPN Chrome dan Mozilla, menggunakan Web Proxy atau Browser Opera, serta menggunakan Server DNS di PC atau Wifi Android kalian. Untuk lebih lengkapnya, kalian bisa baca di situs tipandroid atau kunjungi laman https://tipandroid.com/kumpulan-cara-buka-situs-diblokir/.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *