Friday, June 5

Cara Mudah Daftar BPJS Online Dengan Smartphone 2020

Hampir setiap orang memiliki smartphone Android. Perangkat telekomunikasi ini tidak hanya dapat digunakan untuk berkomunikasi atau menikmati konten multimedia, tetapi juga memfasilitasi proses registrasi birokrasi BPJS Kesehatan. Ya, kita bisa mendaftarkan BPJS online melalui smartphone. Metode ini juga sangat sederhana dan mempercepat keanggotaan di BPJS Kesehatan.

BPJS Kesehatan sendiri adalah salah satu program pemerintah Indonesia untuk menjamin semua kesehatan masyarakat Indonesia. Dengan menjadi anggota BPJS, kami mendapatkan hak untuk mendapatkan perawatan medis gratis dan masuk sesuai dengan kelas yang dipilih. Nah, BPJS Kesehatan dibagi menjadi kelas yang berbeda, yaitu kelas 1, kelas 2 dan kelas 3. Setiap kelas memiliki biaya kuliah yang berbeda yang dapat kita sesuaikan dengan kemampuan membayar.

Selain BPJS, ada juga KIS (Kartu Indonesia Sehat) yang diberikan gratis untuk semua warga miskin dan kurang beruntung. KIS hanya diberikan kepada orang-orang yang dianggap kurang kompeten oleh pemerintah Indonesia, jadi bagi mereka yang berpenghasilan cukup, Anda harus membayar biaya bulanan. Biaya yang dikenakan juga sangat terjangkau dan disesuaikan dengan aset penghuni.

  1. Hal pertama yang harus dilakukan ketika mendaftar untuk BPJS Online adalah membuka browser dan kemudian mengunjungi alamat situs web BPJS di www.bpjs-kempuan.go.id
  2. Setelah memasuki situs resmi untuk BPJS, cara berikutnya untuk mendaftarkan BPJS Online 2019 adalah dengan membuka menu “LAYANAN” dan kemudian pilih “PENDAFTARAN PESERTA”.
  3. Kemudian halaman registrasi muncul dengan ketentuan umum untuk berpartisipasi dalam BPJS.
  4. Silahkan membaca semua syarat dan ketentuan sampai Anda benar-benar mengerti. Jika Anda memahami syarat dan ketentuan, langkah selanjutnya adalah mengklik kata-kata “Saya menerima dan menerima syarat dan ketentuan Layanan Registrasi Kesehatan BPJS” di bagian bawah hingga tanda centang muncul dan kemudian klik pada “REGISTRASI”.
  5. Setelah Anda menekan tombol registrasi, langkah selanjutnya adalah melengkapi jenis keanggotaan. Kolom terdiri dari 2 pilihan, yaitu pekerja non-kontrak dan non-karyawan. Sekarang untuk teman saya yang ingin mendaftarkan BPJS untuk anggota keluarga, pilih “Karyawan yang bukan menerima upah”. Sementara opsi non-ketenagakerjaan tersedia dalam 3 pilihan anggota yang terdiri dari investor, pensiunan swasta, dan pengusaha.
  6. Setelah Anda memilih salah satu dari jenis kepersertaan yang akan diikuti, langkah berikutnya mudah untuk mengetik kata-kata “Saya dengan ini menyatakan untuk mendaftar dengan anggota keluarga” dan kemudian memasukkan nomor kartu keluarga sesuai dengan nomor pada kartu keluarga yang kamu punya.
  7. Masukkan nomor kartu keluarga Anda dengan benar. Kami kemudian diberitahu untuk memasukkan kode Captcha sesuai dengan gambar yang ditampilkan. Jika benar, klik “INQUERY KARTU KELUARGA”.
  8. Jika jumlah kartu keluarga yang diisi sudah benar, nama semua anggota keluarga akan secara otomatis muncul di KK. Pilih anggota keluarga untuk didaftarkan dan kemudian klik tombol “PROSES BERIKUTNYA”.
  9. Cara selanjutnya untuk mendaftar BPJS Online adalah dengan memasukkan nomor ponsel, NPWP dan alamat desa. Setelahnya, klik tombol “CARI” untuk menemukan desa yang cocok dengan alamat Anda.
  10. Jika alamat kulurahan dipilih, langkah selanjutnya adalah memilih bidang instruksi yang menunjukkan bahwa alamat yang dimasukkan cocok dengan alamat yang ditentukan pada KTP.
  11. Kami kemudian diberitahu bahwa kami harus memilih fasilitas kesehatan level 1 yang akan digunakan untuk meminta rujukan jika Anda ingin dirawat di rumah sakit. Untuk mencarinya, cukup klik pada tombol pencarian dan kemudian Anda hanya akan memiliki fasilitas kesehatan Level 1 di dekat tempat tinggal. Anda dapat memilih pusat kesehatan, dokter swasta atau bahkan klinik.
  12. Teman, tidak hanya memiliki fasilitas kesehatan level 1, karena level 1 adalah tempat di mana Anda dapat meminta rujukan sehingga Anda dapat dirawat di rumah sakit secara gratis. Selain perawatan medis, BPJS juga dapat digunakan untuk memberi makan gratis dan biaya yang dikeluarkan. Untuk alasan ini, kami sarankan Anda memilih fasilitas kesehatan Level 1 yang terletak di dekat kota asal Anda untuk mempermudah meminta rujukan.
  13. Setelah mengikuti semua langkah di atas, cara berikutnya untuk mendaftar dengan BPJS Online adalah mengunggah foto diri Anda dengan ukuran minimum 50 kb. Pilih foto yang disimpan di galeri ponsel dan kemudian klik “PROSES BERIKUTNYA”. Jika gambarnya terlalu besar, teman saya harus mengompres dulu. Lihat sekarang panduan berikut untuk “Cara mengurangi ukuran foto online”.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *