Saturday, October 24

Bingung Bagaimana Cara Mengatasi Kecanduan Nikotin? Yuk, Coba 3 Cara Ini!

Merokok adalah salah satu cara yang bisa dianggap untuk menghilangkan stres.  Namun, tahukah Anda bahwa merokok malah semakin merusak tubuh? Bahkan bisa menyebabkan kematian. Anehnya, meski sudah tahu akan hal tersebut, masih banyak yang merokok dan mengabaikan hal tersebut. Bagi Anda yang ingin mulai mengatasi kecanduan nikotin, bisa menyimak ulasan di bawah ini. Sebelum itu, mari kita berkenalan dengan nikotin. Apa, sih, nikotin itu? Dilansir dari halaman Klikdokter, nikotin adalah zat yang bisa membuat seseorang mengalami kecanduan dengan mudah. Biasanya, nikotin ditemukan pada tanaman tembakau. Tak heran, seseorang sulit untuk berhenti merokok. 

Ketika seseorang mengalami kecanduan terhadap rokok maka menjadi pemicu gangguan kesehatan, terutama kanker paru-paru. Selain itu, jika Anda adalah perokok aktif maka bisa meningkatkan risiko untuk mengalami gangguan kesehatan pada seluruh bagian tubuh. Contohnya, ginjal, pembuluh darah, jantung, tulang, otak, kesehatan reproduksi sampai paru-paru. Penyebab utama seseorang mengalami kecanduan merokok adalah adanya rasa nyaman yang dapat diberikan oleh nikotin yang terdapat dalam rokok. Adanya zat adiktif dalam rokok, maka hal itulah yang dapat merangsang hormon dopamin untuk memberikan rasa nyaman kepada para penikmatnya. Bahkan, asap rokok juga bisa mengakibatkan bahaya bagi orang yang tidak merokok atau disebut secondhand smoke.

Lalu, bagaimana cara mengatasi kecanduan nikotin? Ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi kecanduan nikotin dilansir dari halaman Hellosehat. Yuk, simak ulasannya di bawah ini!

  1. Olahraga Rutin.

Salah satu alasan kenapa seseorang betah dan kecanduan terhadap rokok lantaran nikotin yang terdapat dalam rokok dapat membangkitkan suasana hati yang sedang kacau. Tak jarang, seseorang menjadikan rokok sebagai pelampiasan saat sedang marah, emosi, dan kecewa. Padahal, efek ini hanya berlaku sementara dan justru malah membuat Anda semakin kecanduan nikotin serta mengalami gangguan kesehatan. Untuk mengatasi kecanduan merokok, Anda bisa mencoba untuk melakukan olahraga secara rutin. Hal ini bertujuan untuk mengendalikan mood Anda setiap hari. Hanya dengan berolahraga selama 30 menit setiap harinya, Anda bisa mengalahkan rasa lelah dan stres. Bahkan bisa membuat Anda berhenti merokok. 

Hal itu dikarenakan olahraga memiliki fungsi sebagai obat stres alami di mana dapat meningkatkan endokrin atau hormon kebahagiaan sehingga bisa membuat Anda jauh lebih tenang. Selain itu, olahraga rutin juga bisa membantu Anda untuk mendapatkan tidur lebih nyenyak. Wah, banyak sekali, ya, manfaat olahraga.

  1. Mencari Kegiatan Lain.

Alasan lainnya kenapa seseorang kecanduan terhadap rokok karena ingin berat badannya tetap stabil. Tak jarang, banyak yang mengeluh memiliki badan yang gemuk saat berhenti merokok. Hal itu juga yang menyebabkan seseorang tidak ingin lepas dari rokok. Selain makan, Anda bisa mencoba untuk mengalihkan perhatian Anda dari rokok dengan mencari kegiatan lain, seperti main game, tidur, main alat musik, jalan-jalan, membaca buku, memancing, dan masih banyak lagi lainnya. Dengan begitu Anda akan lupa untuk merokok seperti biasa.

  1. Istirahat yang Cukup.

Saat berhenti merokok, tubuh Anda mungkin sering merasa cepat lelah dan tidak bertenaga. Hal ini wajar saja terjadi karena tubuh Anda bekerja lebih keras untuk menghilangkan efek kecanduan nikotin. Untuk solusinya, Anda bisa mengistirahatkan tubuh Anda dengan cukup setiap harinya, seperti melakukan tidur siang. Selain itu, tidur lebih awal dengan minimal 7-8 jam akan membuat tubuh kembali segar. Saat tidur, tubuh akan diberikan kesempatan untuk mengeluarkan sisa nikotin dan racun dari rokok yang ada dalam tubuh.

Nah, itulah 3 cara mengatasi kecanduan nikotin yang bisa Anda coba! Jika Anda sayang diri sendiri dan keluarga, yuk, berhenti merokok dari sekarang!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *