August 7, 2019

Apakah Anda ingin makan buah dengan makanan lain? Berikut adalah 4 tips untuk menghindari sakit perut

Hasil gambar untuk gambar buah
Buah telah lama dikenal sebagai konsumsi yang mengandung makanan lengkap dan seimbang. Konsumsi buah dengan sayuran atau dalam kombinasi dengan makanan lain sering dianggap sebagai suplemen untuk asupan makanan sehari-hari.

Namun kenyataannya, tidak semua buah bisa dikonsumsi bersamaan dengan makanan lain. Menurut dokter dan konsultan kesehatan holistik Bhaswati Bhattacharya, buah mestinya dikonsumsi hanya dengan perut kosong.

“Gula sulit untuk diproses karena berat dan membutuhkan banyak energi, yang berarti buah itu dikonsumsi sendiri dan tidak dapat dikombinasikan dengan makanan lain.” Buah ini juga mengandung energi yang cukup untuk dimakan dengan protein lain – dan sumber karbohidrat membatalkan manfaatnya, dan ada juga risiko ketidaknyamanan seperti sakit perut atau ketidaknyamanan, “kata Bhattacharya.

Namun, makan lebih banyak jenis buah sekaligus tidak dilarang. Kutipan dari Times of India, berikut adalah 4 hal yang perlu diingat jika Anda ingin makan lebih banyak buah pada saat bersamaan.

1. Melon harus dimakan sendiri

Melon, semangka, dan buah-buahan sejenis lainnya harus dikonsumsi sendiri. Dengan kadar air yang tinggi, jenis buah ini cenderung diproses oleh tubuh lebih cepat daripada yang lain. Dikhawatirkan konsumsi dengan makanan lain memengaruhi pemrosesan buah.

2. Jangan mencampur buah asam manis

Penelitian telah menunjukkan bahwa makan buah asam dan manis dapat meningkatkan keasaman (asidosis), mual dan pusing. Buah-buahan dengan rasa asam sebaiknya tidak dikonsumsi dengan hidangan penutup. Buah-buahan dengan rasa asam, seperti anggur dan stroberi, sedangkan rasa yang paling pahit dan manis adalah apel.
3. Buah sebaiknya tidak dikonsumsi bersama sayuran

Buah dan sayuran diproses oleh tubuh dengan berbagai cara. Buah biasanya diproses lebih cepat oleh tubuh daripada sayuran dengan kadar air dan gula yang tinggi. Makan buah-buahan dan sayuran bersama-sama meningkatkan risiko memproduksi asam lambung dan menyebabkan rasa panas di dada. Untuk alasan yang sama, jeruk dan wortel tidak boleh dikonsumsi bersamaan.

4. Buah dengan tepung dan kandungan protein tinggi dikonsumsi secara terpisah

Hanya beberapa buah yang kaya karbohidrat seperti pisang hijau. Buah ini tidak boleh dikonsumsi bersamaan dengan banyak protein. Hal yang sama berlaku untuk sayuran karena buah mencernanya secara berbeda. Tubuh membutuhkan asam untuk mencerna protein serta basa atau basa untuk memproses karbohidrat.